5 Organ Tubuh Berpotensi Terserang Asam Urat Selain Persendian

Penyakit asam urat merupakan salah satu dari sekian banyak jenis penyakit reumatik atau radang persendian. Disebabkan karena adanya penumpukan kristal asam urat di daerah persendian pada anggota tubuh. Pada umumnya, kristal asam urat tersebut akan menumpuk di beberapa organ - organ persendian seperti ujung jari jemari, sendi lutut, siku - siku lengan dan bahu, ibu jari tangan dan jemari kaki, pergelangan tangan serta punggung kaki.

Penyakit asam urat merupakan salah satu dari sekian banyak jenis penyakit reumatik atau radang persendian.

Jika kita amati bahwa penyakit asam urat selalu menyerang persendian atau sistem gerak tubuh. Memang benar demikian adanya karena petanda tersebut merupakan gejala awal yang seringkali dirasakan oleh banyak penderita. Namun, tahukah anda bahwa serangan asam urat juga juga dapat menyerang organ lainnya ? Diantaranya sebagai berikut :

1. Daun Telinga

Kristal asam urat juga dapat mengendap di daun telinga. Kemunculannya sering dikaitkan dengan jerawat telinga. Pada awalnya memang begitu, ditandai dengan benjolan bewarna putih seperti jerawat. Namun, ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, benjolan tersebut akan terasa sakit bila ditekan.

2. Retina Mata

Penumpukan endapan asam urat pada retina mata jarang sekali hal ini terjadi. Namun, ketika seseorang memiliki kadar asam urat terlalu tinggi maka resiko ini dapat terjadi. Gangguan ini dapat berpotensi menghambat penglihatan seseorang. Karena ketika ia berkedip akan terasa sakit, bahkan jika dibiarkan dapat menurunkan daya penglihatan.

3. Saluran Pencernaan

Ketika kita mengkonsumsi makanan mengandung tinggi purin maka pengendapan asam urat dapat terjadi pada sela - sela organ saluran pencernaan. Namun, sulit sekali untuk mengenali dan mendeteksi gejala awalnya. Karena hampir tak dapat dirasakan.

4. Jantung

Banyak orang tanpa menyadari bahwa resiko asam urat tinggi dapat mengakibatkan kerusakan sistem dan gangguan pada jantung. Mengapa ? Hal ini dikarenakan, kristal asam urat dapat terbawa oleh aliran darah. Padahal, setiap harinya sistem peredaran darah secara bolak balik menuju jantung kemudian disirkulasikan ke seluruh tubuh. Jika aliran darah terdapat kristal asam urat, maka kristal tersebut dapat merusak dinding pembuluh darah pada jantung. Akibatnya jika diabaikan, maka seranggan jantung dapat terjadi sewaktu - waktu.

5. Ginjal

Pernahkah anda mendengar penyakit batu ginjal ? Ya. Ada semacam batu di dalam organ ginjal. Dari manakah batu tersebut berasal ? Batu ginjal dapat terbentuk dari endapan kristal asam urat menahun melalui sebuah proses kristalisasi. Ketika ginjal tak mampu menetralisir kadar asam urat dalam darah melalui urine, maka kristal tersebut akan mengendap dibeberapa organ tubuh termasuk ginjal. Jika hal ini dibiarkan, maka kerusakan ginjal dapat terjadi.

Nah, itulah beberapa organ tubuh manusia yang dapat terserang asam urat. Hal ini membuka wawasan kita bahwa penyakit asam urat tak selamanya menyerang persendian. Sehingga, anda harus waspada jika penyakit ini ada di dalam tubuh anda. Segeralah periksakan diri untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah. Selanjutnya lakukan pengobatan. Jangan dibiarkan peyakit tersebut bertahan hingga menahun di dalam tubuh anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+